Tips Pencahayaan Untuk Ruang Keluarga

Pada kebanyakan rumah, ruang keluarga adalah pusat dari kegiatan sehari-hari. Di ruang itu anda beristirahat setelah bekerja, menonton televisi, dan bermain dengan anak-anak. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi pencahayaan ruang keluarga akan mempengaruhi suasana ruang tersebut. Ruang keluarga haruslah lebih terang, lebih hangat, dan lebih nyaman daripada ruangan lain. Sayangnya, dibutuhkan lebih dari sebuah lampu atau perabotan baru untuk menghasilkan efek tersebut.

Karena itu, pencahayaan ruang keluarga anda tidak harus mahal. Caranya adalah dengan menyelaraskan unsur-unsur yang ada di dalam ruangan untuk mencerahkan ruangan. Ini termasuk dinding rumah, karpet, perabotan, dan bahkan pernak-pernik kecil sekalipun. Berikut ini beberapa trik sederhana yang dapat anda lakukan untuk ruang keluarga anda.

Gunakan cahaya alami. Jenis terbaik pencahayaan untuk ruang apapun ialah cahaya alami dari matahari. Jika anda cukup beruntung untuk memiliki jendela yang besar, gunakanlah sebagai sumber utama cahaya bagi rumah anda di siang hari. Sejenis tirai tipis dengan warna lembut ataupun kaca buram yang diletakkan di jendela akan menghasilkan cahaya lembut yang tenang dan hangat. Padukan hal tersebut dengan karpet berwarna kuning atau krem maka anda akan mendapatkan ruangan yang cerah dan hangat.

Kombinasikan jenis pencahayaan yang ada. Ada dua jenis pencahayaan ruangan, yaitu yang berfungsi sebagai pembentuk suasana dan sebagai penerangan. Pengaturan yang baik ialah dengan mengkombinasikan keduanya, terutama ketika anda memiliki ruang keluarga yang multi fungsi. Penerangan suasana yang bagus ialah menggunakan lampu yang diletakkan di dinding daripada lampu biasa yang diletakkan di langit-langit. Gunakan lampu penerangan pada area-area yang membutuhkan penerangan yang baik seperti area membaca, area bermain, dan area menonton televisi. Pastikan untuk menyelaraskan semua area.

Terangi benda favorit anda. Apakah anda memiliki lukisan favorit, koleksi barang antik, atau patung yang ingin anda tunjukkan pada orang yang mengunjungi rumah anda? Lampu sorot (spotlight) merupakan cara yang tepat untuk melakukannya. Aksesoris yang diletakkan di dinding bisa diterangi dengan menggunakan lampu kecil pada bawah benda ataupun dari dinding dari yang berhadapan dengan benda tersebut. Kombinasika lampu sorot dengan karpet untuk menghasilkan titik perhatian secara instan. Karpet yang memiliki kesan mewah ditambah dengan lampu sorot akan langsung menarik perhatian orang yang mengunjungi rumah anda.

Gunakan kain berwarna cerah. Bila pencahayaan ruang keluarga anda bergantung pada pencahayaan buatan seperti lampu, hindari warna gelap sebisa mungkin. Kain dengan warna yang cerah dan lembut akan sangat cocok untuk karpet, gorden, dan sarung bantal, dan sofa pada ruang keluarga anda. Batasi warna gelap hanya sebagai aksen ruangan, dan pastikan mereka selaras dengan warna yang dominan pada ruang itu.

Dan itulah tips-tips yang dapat saya berikan mengenai pencahayaan untuk ruang keluarga. Apabila anda menginginkan lampu hias minimalis dengan harga terjangkau, anda dapat memilih diantara produk yang saya tawarkan di sisi kanan situs ini.